Perjalanan Musim Dingin 2012-2013 (2)

Setelah berisitirahat dengan nyaman dan tenang malam itu. Lagi lagi aku lupa ambil foto hotelnya. Karena hotel itu cuma hotel bisnis biasa yang menurutku tidak ada istimewanya. Yang istimewa tetap salju yang terus turun. Suhu diluar semakin dingin, -3 derajat.. Brrr..

Buat yang saat itu lagi sedih karena kekasih hati entah dimana.. ecieee.. suasana salju yang deras bikin tidur makin nyenyak, perut kenyang abis makan malam, browsing dikit dikasur, langsung hilang kesadarana.. Zzzzz

Dan pagi pun datang, seiring dengan suara telpon kamar yang masuk kealam mimpi, yang padahal si partner lagi-lagi sewot nungguin karena aku tidak bangun-bangun, padahal kita harus check-out jam 9, supaya bisa santai diperjalanan panjang menuju fukuoka.

Sarapan kilat dan cuss, masuk mobil dinas lagi.

Tugasku setting GPS kealamat tujuan selanjutnya dan memutuskan kita akan lewat mana. Aku harus memantau jalanan, mana yang macet mana yang engga. Sebenarnya kami biasa pergi bertiga, ya seperti yang sudah aku jelaskan dicerita sebelumnya, klo partner kami yang satu lagi nih penggabungan dari kami berdua. Doi jago bahasa Jepang dan udah jago banget nyetir di Jepang. Dan sudah dipastikan kalau full team, semua akan berjalan lancar jaya. Dan aku pun hanya duduk manis ileran, karena pasti bisa tidur sepanjang jalan.

Perjalanan selanjutnya dari Ishikawa menuju Fukuoka, melewati Kyoto dan Hiroshima. Belum sampe masuk tol, kami sudah NYASAR.. iya nyasar.

Engga tanggung-tanggung, kami nyasarnya masuk Hutan.

Kalau ditanya “kok bisa nyasar sih, kan pake GPS..?”

sampai saat ini pun kami berdua klo inget pengalaman itu masih bingung jelasinnya gimana, nyasar ya nyasar. Dan untungnya nyasarnya siang, kalau malem.. wassalam

wm5
Detik-detik masuk hutan

Sepanjang mata memandang cuma bisa lihat jalanan yang tertutup salju. Dan aku pun tiba-tiba kebelet pengen kebelakang, kebayang dong gimana rasanya, engga nyaman broe..

Sekitar satu jam kami muter-muter hutan dan si GPS cuma ngambang engga jelas. Kanan kiri jalan isinya cuma pohon, dan jalanan semuanya tertutup salju. Muka beliau lagi-lagi kaku dan super tegang.

“pak, aku mau pipis nih”

ziiing… no respon

“Pak, gimana nih.. kebelet nih..”

Doi cuma nengok sebentar, dan kemudian kembali menatap jalanan didepan. Konsentrasi nya tidak bisa diganggu..

Sebenarnya, aku punya videonya pas muke-nye lagi super tegang ngeliat jalanan yang putih doang. Tapi engga tega juga mau publish, kredibilitasnya sebagai bapak-bapak cool  akan terancam sirna.. :p

Aku pun sebenarnya tegang, kebayang film-film luar negri yang tiba-tiba ada beruang gede lewat ketengah jalan dan menghadang mobil kami, ato minimal ada babi hutan tiba tiba jalan santai depan mobil kami.

Yang bikin tambah horor lagi nih, lo tau kan kalau mau bersihin debu dikaca depan, kita tinggal pencet tombol yang biasanya tombol itu jadi satu sama wiper, lalu tinggal kita pencet tombol wiper , dan wiper bakalan menyapu air tersebut dan kaca pun jadi bersih. Karena suhu udara yang sangat dingin, maka air pembersih kaca pun membeku, wiper juga dipenuhi salju yang sudah membeku menjadi batu es. Itu menghambat penglihatan supir, karena itu beliau tidak bisa diganggu konsentrasi, suasana yang mencekam, dan nengok kesamping kanan pun liat muka orang yang super tegang. Indahnya hari itu… 😦

Dan akhirnya kami pun memasuki area perkampungan, mulai berasa lega. Kami berusaha mencari orang yang bisa ditanya kemana arah jalan raya, kalau sudah berada dijalan raya, GPS biasanya bisa menuntun kami kembali kejalan yang benar, tidak ngambang dan PHP-in kami lagi.

wm5-1
Nyasar banget doong.. 🙂

Ternyata jarang banget orang keliaran. Rumah-rumah penduduk pun sepi, tidak ada orang lalu-lalang ato minimal nyapuin halaman. Tapi bersyukur kami menemukan convinience store, kami berhenti dan akupun langsung tancap gas masuk toilet, setelah itu baru bertanya arah jalan, dan aku diberikan surat cinta yang isinya garis-garis penggambaran jalan menuju jalan raya. Akhirnya kami berhasil keluar dari Ishikawa, dan jalan mulus lancar jaya, karena Tol terusss.. 🙂

Ini rumah-rumah penduduk yang tertutup salju, pengen banget deh gw masuk trus numpang pinjem toiletnya.. :p

Perjalanan keluar dari Ishikawa yang terkadang diguyur hujan salju

Perjalanan kami dari ishikawa menuju Fukuoka menghabiskan waktu sekitar 13 jam (sudah plus istirahat, dan nyasar). Ketika memasuki daerah Kyoto, salju sudah mulai berhenti dan memasuki wilayah Hiroshima, hanya tersisa udara dingin yang membuat tulang-tulang rasanya menciut. Hawa dingin didaerah yang turun salju dan daerah yang tidak turun salju itu cukup berbeda, padahal kalau dilihat dari ukuran angka dinginnya itu sama. Kalau daerah bersalju sedang berada pada suhu 0 dan daerah tidak bersalju juga berada disuhu yang sama, aku merasa lebih hangat didaerah bersalju, karena didaerah tidak bersalju itu lebih banyak angin, coba bayangkan, di suhu 0 derajat plus dikipasin angin yang dinginnya 0 derajat juga, kebayangkan rasanya pengen banget meluk ketel air panas.. :p

Tepat pukul 10.30 malam kami tiba dipelataran kantor cabang perusahaan tempatku bekerja, di Hakata-Fukuoka. Menurut rencana, kami akan menginap di kantor cabang, karena kantor cabang itu berada di lantai 1, dan dilantai 2 digunakan sebagai kamar penginapan bagi staff yang ditugaskan di kantor cabang tersebut. Kantor cabang tersebut baru buka memang, dan belum beroperasi. Jadwalnya sih aku ditugaskan untuk mentraining sistem kepada orang baru dikantor cabang..

Dan malam itupun kami tutup dengan makan malam ala Jepang yang biasa kami sebut nabe. Secara harfiyah, Nabe itu artinya Panci. Nah bingung kan tuh, makan malam panci. Maksudnya sih biar simple, jadi makan malam yang semua bahan makanannya dicemplungin jadi satu kedalam panci. Biasanya sih isinya sayuran sama seafood.

wm6-1
Nabe yang isinya sayuran dan seafood

Dan perjalanan malam itu kami tutup dengan ucapan syukur alhamdulillah tiba ditempat tujuan dengan selamat dan engga nyasar lagi.. :p