5 tempat yang sering dikunjungi perantau Indonesia di Tokyo

Bagi para kawan-kawan yang baru saja pindah ke Jepang, khususnya ke wilayah kanto, berikut ini ada 5 tempat di seputaran Tokyo yang sering di kunjungi oleh warga Indonesia. Data ini aku dapatkan berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadiku yang sudah 11 tahun tinggal di Tokyo.

  1. Meguro
    Terletak di jantung kota Tokyo, Meguro menjadi tempat yang wajib diketahui bagi orang Indonesia di Jepang. Disinilah tempat beradanya KBRI. Selain itu ada SRIT- Balai Indonesia (Sekolah Republik Indonesia Tokyo) dan juga Masjid Indonesia Tokyo. Di tempat ini sering diadakan berbagai macam event, event keagaaman maupun event yang bersifat nasional.
    Selain itu, di Meguro juga ada restoran Indonesia yang cukup melegenda.
    Di meguro juga ada tempat yang cukup terkenal pada saat musim semi, tepatya saat bunga sakura bermekaran. Banyak orang Jepang dan juga turis datang untuk menikmati keindahan bunga sakura didaerah ini, kami menyebutnya Meguro-kawa atau yang berarti sungai meguro. Karena memang sepanjang sungai di area itu ditumbuhi oleh pohon Sakura, dan ketika bunganya sedang mekar, membuat pemandangan disekitarnya sangat indah.
  2. Akihabara
    Akihabara merupakan shopping distrik yang menjual banyak alat elektronik dan juga gadget. Banyak orang Indonesia yang berkunjung ke tempat ini untuk membeli berbagai macam gadget terbaru ataupun gadget second. Disini, bisa ditemukan para gadis-gadis muda yang menggunakan baju-baju costplay ataupun baju meido-san yang cukup terkenal dikalangan para penggemar anime.
    Sejak tahun lalu di Akihabara juga berdiri Masjid Nusantara.
  3. Ueno
    Stasiun Ueno termasuk stasiun terbesar selain Tokyo. Shinkansen dari dan ke luar kota hampir semuanya berhenti distasiun ini. Ada taman yang cukup luas di dekat stasiun ueno, 20 tahun yang lalu, di taman inilah tempat berkumpulnya para pekerja Indonesia, semacam Victoria Park di Hongkong. Di Ueno juga ada pasar tradisional Jepang yang menjual ikan segar dan juga ada beberapa toko yang menjual bahan makanan dari Asia timur salah satunya Indonesia. Selain itu, ada juga kebun binatang yang sangat luas, dan berisi satwa dari berbagai macam Jenis, aku sering membawa anakku berkunjung ke kebun binatang Ueno.
  4. Okubo
    Okubo adalah sebuah stasiun kecil. Hanya berjarak 3 menit berjalan kaki keluar dari pintu Utara 北口 ada toko Indonesia yang menjual beragam macam bahan makanan dari Indonesia. Setiap akhir pekan, toko ini selalu dipenuhi oleh pelanggan Indonesia. Didepan pintu Utara stasiun Okubo juga ada restaurant Indonesia yang menyediakan berbagai macam makanan asli Indonesia.
  5. shin okubo
    Jarak stasiun Okubo ke stsiun Shin okubo hanya sekitar 7 menit berjalan kaki. Di stasiun dikenal sebagai “korean Town” karena memang banyak terdapat restaurant korea serta toko-toko yang menjual pernak-pernik k-pop, makanan korea dan juga make up serta skin care dari korea. Semenjak drama korea dan K-pop booming di Indonesia, banyak sekali turis Indonesia yang berkunjung ke daerah ini. Selain itu, diantara dua stasiun ini terdapat banyak sekali toko-toko asia yang mejual bahan makanan halal, tak heran kalau disini kita akan banyak bertemu dengan kawan-kawan Indonesia.
Keindahan Meguro-kawa saat musim sakura mekar
Aku dan aina didepan stasiun akihabara
Foto di dalam Kebun binatang Ueno

Semoga tulisanku bisa membantu kawan-kawan Indonesia yang baru saja pindah ke kanto area ataupun bagi mereka yang ada rencana untuk berwisata ke Tokyo. silahkan di share kalau sekirany menurut kawan-kawan tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s