Day 7; favorite Movie.

Setiap kali aku menonton film ini, suamiku tertawa. Dia selalu berkomentar “sudah tinggal di Jepang, nonton film samurainya masih saja orang bule”.

Film favorit ku adalah The last samurai. Entah kenapa aku sangat menyukai film tersebut. Berkali-kali aku menonton film tersebut, tapi tidak pernah merasa bosan.

Aku mulai menyukai film tersebut ketika aku sudah pindah di Jepang, setiap kali aku merasa mentalku down, ketika merasa sedih, aku selalu menonton film ini. Melihat perjuangan Kapten Nathan Algren yang akhirnya membelot dan lebih memilih memimpin pasukan tentara Jepang yang bertempur melawan pasukan kaisar, membuatku ikut merasakan keberanian untuk bangkit lagi dari keterpurukan. Menjadi orang asing di negara asing, namun tetap bisa bersinar. Itu adalah cita-citaku, seperti kapten Algren.

Aku ingin bisa berkarya di negara orang lain, namun tetap menjadi diriku sendiri, tetap menjadi Septi-Orang Indonesia.

Di akhir film, aku melihat adegan Katsumoto yang berjuang hingga titik darah penghabisan, dan meminta Kapten Algren untuk membantunya menghabisi nyawanya sendiri. Satu keberanian yang sungguh luar biasa. Setidaknya aku tahu bahwa seorang pejuang sejati itu wajib berjuang dan bertahan hingga nyawa lepas dari tubuhnya, jangan pernah menyerah.

Setiap selesai menonton Film tersebut, aku merasakan suntikan keberanian, kekuatan dan kepercayaan diri, bahwa orang asing pun tetap bisa berkarya di negara oranglain, orang asing pun tetap akan diperhitungkan apabila memiliki kemampuan. Jadi, aku akan terus berjuang di sini, mewujudkan cita-citaku. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Powered by WordPress.com.
%d bloggers like this: