Day 10; Your best Friend.

Ketika aku beranjak remaja, aku memiliki banyak teman dekat, yang ku akui bahwa mereka adalah sahabat. Dan hari-hari selalu aku habiskan bersama mereka dan terasa sangat menyenangkan. Setiap hari kami tertawa bersama, dan saling mentertawakan.

Aku melupakan sahabatku yang sesungguhnya. Sahabat yang dulu selalu ada untuk ku, menemani setiap moment dalam kehidupan. Aku tenggelam di masa remaja yang penuh warna warni, hingga terlupa dengan sahabat yang mengenalkan warna-warna tersebut.

Hingga satu waktu, aku terbentur dengan masalah khas nya anak remaja, dan kehilangan sahabat-sahabatku. Aku kesepian dan merasa malu untuk kembali kepada sahabat lamaku itu. Butuh waktu untuk mengakui bahwa aku salah memilih sabahat selama ini, dan butuh keberanian untuk bisa meminta maaf kepada sahabatku yang sesungguhnya.

Namun, sahabatku yang sesungguhnya tidak pernah berpaling sedikit pun dariku, tidak pernah dia meninggalkanku, apalagi melupakanku. Dia adalah wanita yang rambutnya mulai berubah warna, sifat galaknya yang selalu kubenci dulu, kini berubah menjadi hal yang sangat kucintai. Pertengkaran-pertengkaran kami, sikap membangkangku, dan banyak lagi sikapku yang sering menyakiti hatinya, tapi tidak pernah membuat wanita ini berpaling dariku. Tangannya selalu terbuka menerima aku pulang, memaafkan segala kesalahan ku tanpa perlu ku minta.

Wanita itu, umi. Ibu ku, wanita yang melahirkan dan membesarkan ku. Yang mengenalkan warna-warni di dunia ini hingga aku bisa mengembangkan warna-warni itu menjadi hal yang sungguh menyenangkan.

Saat ini, ketika ditanya siapakah sahabatku?
Jawabku adalah, Umi. Ibu ku. Dia adalah sahabatku. Dia yang selalu ada disetiap moment hidupku, dia yang paling mengerti diriku, dan dia yang paling bisa menerimaku apa adanya.

Dari dia lah aku belajar cara menjadi sahabat bagi kedua putriku. Menjadi pendengar yang baik, menjadi tempat pulang semua anak-anaknya.

“A mother is a daughter best friends”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s